Senin, 11 Maret 2013



Wisata ke kota Udang Cirebon , bisa sambil nostalgia, karena saya dibesarkan dikota tersebut. Pertama yang saya cari adalah kulinernya ,  makanan yang sangat digemari masyarakat di Cirebon ataupun luar Cirebon yaitu Tahu Gejrot dan es puter Duren .Walau memakannya sambil nongkrong ditepi jalan, karena penjual tahu gejrot tidak memiliki gedung seperti restoran, saya memakannya enak2 saja.
1342902438173492316Kebanyakan masyarakat makan tahu gejrot tidak cukup satu piring, pada umumnya nambah satu piring lagi. Tahu yang dibubuhi kecap yang sudah dicampur dengan gerusan cabe rawit dan bawang merah , membuat lidah kita bergoyang lezat kepedasan. Setelah makan tahu gejrot ditutup dengan menikmati es puter durennya. Waduh nikmat sekali, mertua lewat pasti tidak kelihatan. Kedua pedagang itu berjualan berjejeran dipinggir jalan dipasar Kanoman Cirebon. Saya pernah membeli tahu gejrot di Jakarta, rasanya sangat berbeda dengan tahu gejrot Cirebon. Disamping tahunya yg tidak enak juga bumbunya yang tidak sama, tentu saja sebagai orang Cirebon akan dapat membedakannya.
Makanan khas lain di Cirebon yaitu serabi Cirebon :Serabi Cirebon dan goreng dagenya.
13429027951260132421Serabi Cirebon sangat enak dimakan pagi hari untuk sarapan, hangat2 yang biasanya dimakan dengan goreng dage atau pepes dage. Sungguh sangat luar biasa rasanya, saya bisa menghabiskan 4 bh makan serabi Cirebon ini, dan tentunya cukup kenyang untuk menu sarapan. Serabi Cirebon dibuat dengan tepung beras yang dicampur dengan air santan encer, biasanya dijual pagi2 setelah subuh tukang serabi sudah jualan, dan biasanya jam 8 sudah habis apalagi hari libur karena setiap orang yang pulang oleh raga pagi pasti mampir untuk sarapan membeli serabi Cirebon. Kadangkala kita sampai antri seperti mau membeli tiket kereta api saja.
Nah itu sekedar memperkenalkan salah dua  makanan khas Cirebon, apabila bapak, ibu atau adik2 mampir ke kota Cirebon, jangan lupa jajan makanan ini ditempat yang sudah kesohor disana tentunya. Bila membeli tahu gejrot belilah di pasar Kanoman didepan toko Shinta, dan bila membeli serabi belilah di jl.Kejaksan. Itu pedagang2 yang selalu mempertahankan mutu dengan baik. Silahkan mencoba..nyem…nyem….uenak.
]
sumber : http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2012/07/22/makanan-khas-cirebon-478895.html

0 komentar:

Poskan Komentar

makanan © 2013 | Powered by Blogger | Blogger Template by DesignCart.org