Selasa, 12 Februari 2013

1. Ketoprak

Ketoprak adalah jenis makanan yang mudah di jumpai di Jakarta. Makanan ini terdiri dari kupat/lontong, tahu, bihun, ketimun, tauge dan dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Ditambahkan kerupuk ataupun melinjo diatasnya. Sekarang ketoprak sudah menjamur ke kota lain tetapi sebagai makanan asli Jakarta tetap menawarkan rasa yang khas dan enak di lidah. Jika anda ingin benar-benar berburu ketoprak di Jakarta yang nikmat belilah ketoprak yang ramai dan antri, sudah di pastikan ketoprak itu mempunyai citaasa yang berbeda.
2.  Kerak Telor

Kerak telor adalah makanan khas lain yang terkenal dari Jakarta. Biasanya kerak telor ini bisa di temukan di even besar seperti pekan raya jakarta (PRJ). Belakangan bukan hanya di PRJ saja di kota lain juga banyak di temukan pedagang kerak telor ini walaupun tetap kerak telor yng asli Jakarta mempunyai rasa yang khas. Kerak telor memiliki citarasa yang khas yakni gurih. Bahan-bahannya di buat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, udang goreng kering, bawang merah goreng, kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir.
3. Soto Betawi

Soto Betawi adalah makanan khas Betawi yang populer di Jakarta, Soto ini terdiri dari campuran daging dan jerohan sapi dan kuah santan kental yang membuatnya menjadi lebih terasa gurih dan nikmat. Walaupun sejak dahulu sudah ada berbagai varian Soto asli Betawi tetapi menurut catatan istilah soto betawi ini mulai di kenal pada tahun 1977. Adalah penjual soto di THR Lokasari / Prinsen Park yang pertama memperkenalkannya. Setelah penjual di tempat itu tutup pada tahun 1991 nama Soto Betawi semakin berkibar dan di kenal luas oleh masyarakat umum sebagi makanan khas dari Jakarta.
4. Sayur Gabus Pucung

Sayur Gabus Pucung makanan yang terbuat dari buah pucung atau keluwek buah ini sering di gunakan menjadi bahan masakan tidak halnya di Jakarta dengan sayur gabus pucung tetapi di daerah lain seperti surabaya dengan rawon dan konronya. Karena di buat dengan buah pucung atau keluwek maka kuah dari Sayur Gabus Pucung berwarna gelap agak kehitaman seperti halnya. Walaupun berwarna gelap tapi kalau masalah rasa jangan di tanya apalagi di padukan dengan ikan gabus yang empuk. Sedikit catatan untuk Sayur Gabus Pucung ini walaupun asli makanan khas Jakarta tetapi sekarang jarang di temukan di Jakarta sendiri karena selain ikan Gabus yng sulit di dapatkan juga, banyak warga Jakarta/Betawi yang hijrah ke Bekasi. Di Bekasi lebih banyak warung yang menjual makanan khas ini karena populasi ikan gabus disana masih cukup banyak. Walaupun sekarang lebih banyak di temukan di daerah bekasi tetapi penulis tetap memasukan Sayur Gabus Pucung sebagai makanan khas Jakarta karena asal muasal makanan ini dari Jakarta.

sumber : http://www.oretz.com/4-makanan-khas-jakarta-yang-sayang-untuk-di-lewatkan.html#_

0 komentar:

Poskan Komentar

makanan © 2013 | Powered by Blogger | Blogger Template by DesignCart.org