Selasa, 12 Februari 2013

 1. Tokyo Banana – Ini adalah salah satu cake terenak yang pernah saya makan. Kalau ke Jepang ga nyobain Tokyo Banana uuuh… rugi banget… Pasalnya cake Tokyo Banana ini meskipun teksturnya sangat lembut, teksturnya masih sangat bisa dirasakan oleh mulut. Aroma pisangnya yang sangat harum dan isian dari krim manis di dalamnya itu akan langsung meleleh dan berbaur dengan tekstur lembut dari cake tersebut. Ketika digigit, rasanya akan membuat nagih lagi dan lagi seakan tidak cukup hanya menikmati sebuah saja. Harganya memang agak sedikit mahal.

Harga : Saat ini 1 kotak Tokyo Banana isi 4 buah berharga 500 Yen.
Varian : Saat ini sudah banyak varian rasa Tokyo Banana, mulai dari rasa original (pisang), karamel, strawberry, hingga yang terbaru adalah rasa coklat. Saya pernah mencoba rasa coklat dan rasa original, buat saya pribadi yang original lebih nikmat rasanya dibanding yang dicampur dengan rasa lain.
Lokasi : Untuk membeli Tokyo Banana, kita bisa mampir ke Tokyo Station. Di dalam Tokyo Station banyak sekali toko yang menjual Tokyo Banana. Jadi tak perlu repot keluar stasiun dan susah-susah mencari tokonya. Oiya, perlu diingat bahwa untuk varian rasa coklat saat ini hanya dijual di Tokyo Sky Tree.


2. Kit Kat Green Tea – Kit kat Green Tea ini bisa dibilang cuma ada di Jepang. Buat yang belum pernah nyobain green tea asli Jepang, saat pertama kali nyobain kit kat green tea mungkin akan kaget dengan rasanya. Tapi jangan khawatir, biasanya semakin dimakan maka akan semakin enak rasanya. Untuk nyari kitkat green tea di Jepang sebenernya agak susah juga ya, karena variasi kit kat di Jepang biasanya tiap berganti musim juga akan berubah. Jadi bisa dibilang di Jepang juga cukup langka kalau tidak mendekati musim semi.
Harga : 1 pak kit kat green tea berisi 12 biji (2 finger). Harganya  di Jepang bisa sangat bervariasi. Mulai dari range 300-500 Yen. Tergantung musim, juga tergantung toko tempat membeli.
Varian : Variasi kit kat green tea cukup beragam, ada yang sakura green tea, matcha dan lain-lain. Namun sangat jarang ditemukan.   Tetapi kalau ditanya variasi rasa kit kat yang lain, banyak banget. Mulai dari rasa raspberry, dark chocolate, vanilla ice cream, blueberry dan lain sebagainya.
Lokasi : Untuk membeli kit kat green tea di Jepang bisa di swalayan toko mana saja. Salah satu toko yang biasanya menjual kit kat green tea mungkin aeon atau donki hotte. Tapi ya seperti saya bilang bahwa tidak mudah untuk menemukan kit kat green tea. Selain karena langka oleh musim, banyak juga yang diimpor diam-diam ke Indonesia dan dijual dengan harga gila-gilaan menurut saya :)

3. Dorayaki – Siapa yang tak mengenal dorayaki. Tentunya semua pasti tau makanan kesukaan doraemon ini. Dorayaki bisa dijadikan oleh-oleh yang menarik, meskipun menurut saya pribadi memiliki rasa yang biasa dan tidak terlalu menonjol. Dorayaki yang asli biasanya diisi filling kacang merah, namun sekarang ini banyak variasi filling untuk dorayaki.
Harga : Harga dorayaki bisa bervariasi tergantung jumlah dan besarnya si dorayaki. Yang paling murah bisa diperoleh dengan harga 150 Yen. Yang mahal mungkin bisa ditemukan juga dengan harga 1000 Yen.
Varian : Variasi rasa bisa bermacam-macam saat ini. Ada yang diisi filling kacang merah untuk yang original, rasa coklat, custard dan lain sebagainya.
Lokasi : Untuk membeli dorayaki sebenarnya bisa mudah ditemukan dimana saja, bahkan di convenicence store sekalipun. Tapi perlu diingat bahwa perhatikan tanggal kadaluarsa karena dorayaki tidak bisa tahan lama. Dorayaki yang menurut saya bisa cukup tahan lama ada di daerah pasar ameyoko di Ueno. Disana dijual berbagai macam oleh-oleh yang tidak hanya sekedar dorayaki. Di pasar ameyoko dorayaki dalam bentuk mini bisa ditemukan dengan harga kisaran 400-500 Yen berisi 10-12 buah dorayaki mini.

4. Ocha/Green Tea – Siapa yang tak mengenal green tea atau teh hijau dari Jepang ini. Rasa ocha atau teh hijau jepang ini memiliki rasa yang berbeda dengan teh pada umumnya. Green Tea bisa dijadikan salah satu pilihan oleh-oleh yang baik. Selain memang dikenal oleh masyarakat green tea juga merupakan minuman yang sehat. Tapi perlu diingat bahwa sebaiknya ketika meminum green tea jangan menggunakan gula pasir atau pemanis karena akan mengurangi rasa asli dari green tea itu sendiri. Selain itu setelah diseduh sebaiknya segera diminum dan jangan diminum lebih dari 3 jam karena akan mengurangi khasiat dari green tea itu sendiri.
Harga : Harga ocha/green tea biasanya tergantung kualitas dari tehnya itu sendiri. Yang paling murah bisa diperoleh dengan harga 290 Yen. Yang paling mahal bahkan bisa sampai 1000-1500 Yen.
Variasi : Variasi green tea biasanya dari bentuk pengemasannya saja. Ada yang dibungkus tea bag siap pakai, ada pula yang berbentuk serbuk teh yang harus disaring sendiri. Packing green tea juga ada yang berbentuk unik dan menarik. Seperti misalnya bentuk putri yang lucu seperti dibawah ini. Selain memperoleh tehnya, kemasannya juga bisa dijadikan pajangan loh. :)  
Lokasi : Green tea atau ocha ini bisa dengan mudah ditemukan dimana saja. Di supermarket, di pusat oleh-oleh dan swalayan yang menjual kebutuhan makanan sehari-hari seperti aeon. Untuk kemasan green tea dalam bentuk putri seperti dibawah ini, bisa ditemukan salah satunya di pasar ameyoko di Ueno.

5. Chocobi – Makanan kegemaran shinchan ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif oleh-oleh yang menarik. Rasa dari chocobi bisa dibilang unik dan cukup bikin nagih. Kalau digambarkan mungkin seperti rasa chiki balls rasa coklat namun chocobi ini rasanya lebih enak.
Harga : Harga chochobi juga bervariasi tergantung toko dimana chocobi dijual. Harganya bisa sekitar 99-150 Yen.
Varian : Chocobi saat ini memiliki banyak varian rasa yang cukup unik. Mulai dari rasa coklat, vanilla, karamel madu dan lain sebagainya. Namun yang lazim ditemukan adalah yang rasa coklat. Variasi rasa lain sama seperti kit kat green tea yang mana muncul hanya saat tertentu saja.
Lokasi : Chocobi bisa diperoleh di convenience store di Jepang bahkan di 100 Yen shop tak jarang juga bisa ditemukan dengan mudah.
   

sumber :  http://ivanprakasa.com/2012/10/08/10-oleh-oleh-makanan-khas-jepang-1/

0 komentar:

Poskan Komentar

makanan © 2013 | Powered by Blogger | Blogger Template by DesignCart.org